Langsung ke konten utama

PAHLAWANKU TANPA TANDA JASA "GURU"


PAHLAWANKU TANPA TANDA JASA
Sumber: fb: kris silaban
IG: kristopelsilaban22


Perkenalkan, nama saya Kristopel Silaban. Mahasiswa semester 5 di universitas Quality. Saya mau share pengalaman belajar saya sewaktu duduk dibangku SMP yang tak bisa saya lupakan. Kalian tau kapan saya duduk dibangku SMP? saya masuk SMP  tahun 2008 dan lulus tahun 2011.
Masa SMP adalah masa yang menyenangkan, dimana para siswa-siswi sedang bergejolak, mencari jati dirinya masing-masing. Maklumlah masa remaja menuju dewasa itu memang banyak pergolokan dalam batin.
Oh iya, saya dulu bersekolah di SMP Negeri 1 Simangumban Jln Tarutung-Sipirok, Kec.Simangumban, Kab. Tapanuli Utara. Bangunannya memanjang dan setiap ruang kelas tingginya sekitar 4,5 meter atau lebih. Sebagian ruangannya dicat putih. Ada juga ruang kelas yang dicat warna biru, dengan ubin model lama dan jeruji-jeruji pengganti jendela yan menggantung disepanjang alur dinding kelas, berkarat dan bersarangkan rumah laba-laba.
Di tengah bangunan sekolah terdapat lapangan serbaguna yang bisa digunakan untuk upacara, voli, futsal, pentas musik, dan juga sebagai tempat memajang siswa yang bandal untuk menghormat bendera. Jumlah kelas di sekolah ku itu dulu ada sekitar 12 kelas. Kelas VII dibagi menjadi VII.A sampai VII.D kelas VIII juga demikian, dari VIII.A sampai VIII.B, begitupun kelas IX, mulai IX.A sampai IX.D

Guru-guru di SMP ini berkualitas. Tapi ada jugu beberapa guru yang sangar atau sebutan kerennya kiler. Biar ku ceritakan.
=========
Pak Pinondang Sihombing S,Pd atau yang sering kami panggil bapak P.S, bapak ini mengajar fisika. guru dengan postur tubuh besar dan berkulit putih ini salah satu hobby nya ialah berburu, tapi uniknya bukan berburu binatang di hutan melainkan berburu siswa yang berani melawan guru, bodoh dan yang suka bolos, ya maklumlah bapak ini dulu wakil kepala sekolah ya wajarlah, tapi sialnya saya adalah salah satu korbannya. Sial gak?
Ceritanya saat itu saya duduk di kelas VII.C, jam pertama adalah fisika dan sebenarnya adalah hal yang tabu untuk main-main di kelas si “master pemburu ini”. Aku tengah mengobrol dengan teman yang duduk dibelakang bangkuku. Kemudian pak P.S masuk dan duduk di depan kelas, tapi saya masih tetap mengobrol dengan teman yang dibelakangku. Kemudian seisi kelas tiba-tiba hening dan teman yang dibelakangkupun diam, tapi saya masih tetap berkata-kata kepada teman dibelakangku yang sudah hening itu.  Dan tiba-tiba ada suara menggema didalam kelas itu,
“ kris” ( panggilan saya)
Maju kamu....!
Telingaku serasa disambar saat itu dan langsung saya membalikkan badan saya melihat apa yang terjadi. Kemudian kurasakan sorotan matanya diatas kumisnya yang lebat bagai hutan rimba itu menelusuk di sela-sela rambutku dan mengunci mataku yang memang saat itu sangat kebingungan.
Lah.., napa ya nih guru ngeliatin saya seperti itu?
.......................
......................
*lalu sadar* lah, saya yang dipanggil maju tadi kan?
Ahhhh.. sialll salah apaan ya saya?
Vonis telah telah dijatuhkan dan aku harus maju kedepan untuk mendapatkan hadiah dari pak P.S, kalian tau hadiahnya apa? Hadiahnya itu saya disuruh mengerjakan soal materi minggu lalu. Di depan kelas coba untuk mengerjakan soal dari bapak itu tapi apa daya namanya juga tak ada persiapankan ya yang pastinya saya gak bisa.
Di depan kelas saya dimarahi
Kris sini kau, dengan sorotan mata yang tajam.
Saya datang mendekat ke arah meja guru sambil tunduk dan bersiap-siap medapat hadiah lagi..
Kemudian pak P.S menyuruh saya mengulurkan tangan saya kedepan, wahh apa yang ada dalam pikiran saya benaran terkabul saya dapat hadiah lagi...
Kalian tau apa hadiahnya? Iya hadiahnya itu penggaris panjang yang mendarat beberapa kali ditelapak tangan sumpah itu tidak enak kali dan membuat hati ini serasa panas waktu itu..
=====
Setelah itu bapak itu menceramahi saya di depan kelas dan memberi tahu saya apa kesalahan saya, kalian tahu apa dikatakan bapak itu sama saya..?
Kris kamu itu seharusnya pintar tapi kamu malas belajar, kenapa bapak bilang seperti itu buktinya kakakmu selalu meraih juara umum di sekolah ini kenapa kamu jauh dari mereka. Begitu juga yang lain kalian sebenarnya pintar, tidak ada yang susah baik itu angka-angka maupun rumus-rumus tapi yang buat susah itu pikiran kalian sendiri karena sebelum kalian mencobanya (belajar) kalian sudah mengalah duluan, makanya kedepannya harus lebih bisa lagi dari sekarang ya...
Setelah bapak itu selesai berceramah saya di suruh duduk...
Mengingat pukulan itu ataupun hukuman dari guru tidak membuat saya dendam bahkan tidak membuat saya mengadu sama orang tua saya, karena saya tau apabila orang tua saya tahu itu pasti saya di hajar berkali-kali lebih dari itu. Karena orang tua saya mempunyai prinsip kalau orang menegur anaknya berarti orang itu sayang sama anaknya.
=========
   Orang tua saya bukan seperti orang tua jaman sekarang, yang mana kalau anaknya mengadu kepada orang tuanya karena dimarahi atau dihukum guru, langsung itu orang tua jaman sekarang  melaporkan guru itu ke polisi atau paling tidak datang kesekolah dengan gagah dan mengatakan "guru itu tidak layak jadi guru dan harus bertanggung jawab dengan berhenti mengajar" . Padahal kalau kita gunakan akal sehat kita pasti kita para orang tua sadar bahwasanya guru itu bukan hanya sebagai orang tua sambung anak bapak ibu ketika di sekolah, namun jauh melebihi itu guru merupakan alat pemerintah dan alat Tuhan untuk memberikan yang terbaik bagi anak bapak ibu. Selain itu, guru itu pun pasti taulah mana yang baik dan tidak bagi anak, karena guru itupun punya anak bapak, ibu.
Pak, bu ketika anda memberangkat anak anda kesekolah itu artinya anda mempercayakan anak anda sama guru di sekolah itu.
Mereka adalah guru, orang yang dilatih dan dipersiapkan untuk mendidik, membimbing dan mendorong anak anda untuk lebih baik. Jadi tidak mungkin anak anda dicubit tanpa ada sebabnya.
Dan yang terakhir pak, bu ingat anak itu adalah darah daging kalian, jangan ketika guru salah anda langsung penjarakan guru itu. Jadi bagaimana dengan anda yang berbuat salah sebagai orang tua yang  mana anda memberikan ajaran tak bermoral kepada anak anda melalui tontonan di tv, android, dll itu adalah kesalahan yang lebih parah karna merusak moral dan ahlak anak anda.
Marilah bapak, ibu hargai jasa seorang guru, yang menjadikan anak bangsa memiliki masa depan yang cerah melalui pendidikan. Karena hanya melalui pendidikanlah kita dapat memberikan bekal bagi anak-anak penerus kita untuk menjadi pemimpin kedepannya.
Diakhir tulisan Saya ini saya hanya ingin sampai satu pesan bagi kita semua " Ketika guru melakukan tindakan terhadap anak kita, mari kita koreksi dulu diri kita dengan satu pertanyaan ini "apakah ada yang kurang yang saya lakukan terhadap anak saya sehingga anak saya seperti ini?". Semoga dengan satu pertanyaan ini dapat menuntun bapak, ibu untuk lebih jernih berpikir dan lebih tepat dalam bertindak, terlebih dapat mengurangi rasa percaya diri bapak, ibu sebagai orang yang paling benar.
Salam Dari Saya Kristopel Silaban S.Pd Pendidik dari kampung yang bersuara keseluruhan belahan dunia melalui tulisan 🙏☺️
By. Kristopel Silaban
              IG: kristopelsilaban22

                                                                                             









Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN SISWA

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1    LATAR BELAKANG Sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan calon guru SD atau pendidik. Guru harus mengetahui teknik memahami perkembangan murid, yaitu teknik tes dan teknik non tes. Tidak hanya itu tetapi guru juga harus mempunyai pengetahuan, kreatifitas juga wawasan yang luas untuk memahami peserta didiknya. Selain itu guru harus mengerti psikologi anak, kemampuan anak, kelemahan ataupun kelebihan anak dan keinginan anak yang mempunyai bakat tertentu. Untuk itu guru harus mengetahui tingkat kemampuan dan perkembangan peserta didik. Salah satunya dengan tes. Tes yang digunakan bisa teknik tes dan non tes sesuai dengan kemampuan dan minat peserta didik. Selain itu, tes bisa membantu guru untuk dapat mengetahui kemampuan juga kelemahan peserta didik yang menjadi masalah dalam kehidupannya.  Oleh karena itu, guru harus memahami bagaimana teknik tes dan non tes tersebut dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tekni

MAKALAH KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM MENGAJAR (MANAJEMEN KELAS)

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Perkembangan Pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami suatu peningkatan. Hal itu disebabkan karena adanya beberapa faktor-faktor penunjang misalnya kurikulum pendidikan yang ideal, sarana prasarana yang memadai di setiap sekolah dan yang terpenting ialah faktor pendidik atau kinerja guru. Pendidik merupakan seseorang yang penting dalam berlangsungnya suatu pendidikan dan kinerja guru dalam proses pembelajaran dapat juga mempengaruhi perkembangan pendidikan. Keberhasilan mengajar, selain ditentukan oleh faktor kemampuan, motivasi, dan keaktifan peserta didik dalam belajar dan kelengkapan fasilitas atau lingkungan belajar, juga akan tergantung pada kemampuan guru dalam mengembangkan berbagai keterampilan mengajar. Keterampilan dasar mengajar adalah keterampilan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru. Penguasaan terhadap keterampilan ini memungkinkan guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran secara lebih efektif

MAKALAH KURIKULUM SEKOLAH DASAR 2013

BAB I PENDAHULUAN 1.1      LATAR BELAKANG Kurikulum, bukan kata yang asing dalam dunia pendidikan. Pendidikan atau pembelajaran tidak lepas dari istilah ini, karena kurikulum adalah salah satu komponen dari pembelajaran. Dengan adanya kurikulum proses belajar dan pembelajaran akan berjalan secara terstruktur dan tersistem demi mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pengembangan kurikulum menjadi sangat penting sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan perubahan pada masyarakat. Untuk mencapai tujuan mulia dari pembelajaran tersebut, maka para pengembang kurikulum terus berbenah dan melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang diberlakukan. Sebagaimana yang akan dibahas di makalah ini, kurikulum 2013 merupakan hasil pengembangan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan( KTSP ). Kurikulum ini bertujuan tidak lain untuk lebih memperbaiki lagi kualitas pendidikan yang ada saat ini. Kurikulum 2013 ini adalah kurikulum terbaru yang implementas