Langsung ke konten utama

SEJARAH PENGEMBANGAN KOMPUTER DAN PEMANFAATAN KOMPUTER DI ZAMAN MODERN


BAB I
PENDAHULUAN
          A.   Latar Belakang
      Pada zaman dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia.Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data agar dapat mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala dimana terciptanya komputer diawali dengan perkembangan alat hitung. Alat hitung tertua yang sekarang masih digunakan adalah  sempoa yang muncul sekitar beberapa ribuan tahun yang lalu di Asia dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, walaupun sudah jarang dalam penggunaannya namun dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputer.
Zaman modern ini menuntut segala aktivitas hidup manusia bisa dilakukan secara efektif dan efisien.Untuk itu mereka berlomba-lomba menciptakan suatu perangkat untuk mewujudkannya, maka terciptalah computer. Hampir setiap pekerjaan manusia bergantung pada komputer misalnya, di kantor, perusahaan, sekolah, rumah dan dimanapun mereka membutuhkannya.Hal itu senua dipengaruhi karena adanya teknologi, dimana teknologi informasi adalah sebuah teknologi yang dipergunakan untuk mengelola data, meliputi memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dengan berbagai macam cara dan prosedur guna menghasilkan informasi yang berkualitas dan bernilai guna tinggi. Perkembangan TIK pun terus meningkat seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia. Saat ini tren pengguna e- yang berarti elektronik bermunculan. Seperti e-education, e-government, e- learning dan lain sebagainya. Teknologi Informasi dan Komuikasi seakan telah mendarah daging didalam diri setiap manusia di era ini, teknologi informasi dan komunikasi yang telah mengglobal mampu mencakupi segala aspek yang ada dalam kehidupan. Dalam bidang pendidikan, TIK banyak memiliki peranan. Teknologi Informasi seakan telah menjadi pengalihfasihan buku, guru dan sistem pengajaran yang sebelumnya masih bersifat konvensional. Teknologi Informasi menyebabkan ilmu pengetahuan menjadi kian berkembang dan berkembang. Sehingga masyarakat berbondong-bondong membeli gadget untuk memenuhi segala kebutuhannya.

       B.    Rumusan Masalah
1.      Bagaimana sejarah perkembangan komputer?
2.      Apa saja manfaat komputer di zaman modern?
     

       C.   Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui sejarah komputer yang sampai saat ini sangat bermanfaat bagi kehidupan        manusia.
2.      Mengetahui apa saja manfaat komputer dizaman modern.
       D.   Metodologi  Penulisan
      Metodologi yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode pustaka yang artinya metode ini dilakukan dengan mengumpulkan data dari internet yang mendukung penulisan makalah ini.





BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah Perkembangan Komputer
 Sejarah penciptaan komputer bermula dengan terciptanya alat-alat perniagaan, seperti Abakus yang sekarang ini dilakukan oleh komputer. Pada zaman dahulu pengiraan dilakukan dengan menggunakan jari, manik, kayu dan kulit kerang. Dengan terciptanya Abakus 5000 tahun yang lalu telah memudahkan ahli perniagaan dalam proses pengiraan asas campur, tolak dan darab.Ia telah digunakan secara meluas oleh ahli perniagaan China, Turki dan Yunani.
Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis. Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data  elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1.      Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia.
2.      Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual.
3.      Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik.
4.      Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh.
Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Adapun dengan adanya perkembangan komputer terciptalah komputer dengan berbagai generasi berupa :

1.    Komputer Generasi I (tahun 1940-1959)

Sejarah komputer generasi pertama mulai hadir pada tahun 1946 - 1956, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
·         Menggunakan tabung hampa udara (vacuum tubes) sebagai sirkuitnya.
·         Ukuran fisik komputer besar sehingga memerlukan ruangan yang luas serta memakai daya listrik yang besar.
·         Memiliki media penyimpanan luar berupa magnetik tape atau magnetik drum.
·         Hanya dapat dikendalikan oleh bahasa mesin (machine language) 
            Adapun contoh komputer generasi pertama ini di antaranya:

ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer)

Description: ENIAC sejarah komputer
ENIAC (Electronik Numerical Integrator and Computer) yang dikembangkan tahun 1946 oleh John W. Mauchly dan J. Presper Eckert dari Universitas Pennsylvania merupakan First General Purpose Electronic Computer.

UNIVAC (Universal Automatic Computer)

Description: UNIVAC sejarah komputer
UNIVAC (Universal Automatic Computer) sudah menggunakan pita magnetik sebagai media input dan outputnya. Merupakan komputer komersial pertama yang dipakai oleh Biro Sensus Amerika Serikat untuk digunakan dalam menghitung sensus penduduk dan sebagai komputer pertama yang dibuat untuk tujuan aplikasi bisnis.

IBM 701 dan IBM650

Description: IBM 701 sejarah komputer
            IBM 701 dan IBM650 yang sudah merupakan komputer komersial berukuran besar. Sudah menggunakan magnetik drum untuk media penyimpanan luarnya.

2.    Komputer Generasi II (tahun 1959-1964)

Sejarah komputer generasi kedua mulai populer pada awal tahun 1960-an. Beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
  • Sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya. Transistor dikembangkan di Bell Laboratories tahun 1947.
  • Lebih kecil, cepat, dapat diandalkan, dan hemat energi dibanding generasi komputer pertama.
  • Menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner
            Contoh komputer generasi kedua yang dikembangkan saat itu adalah IBM 1401. Sejak tahun 1965, sebagian besar bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi ini untuk mengolah informasi keuangan.
Description: IBM 1401 sejarah komputer

3.     Komputer Generasi III (tahun 1964-1970)

Adapun contoh komputer generasi ketiga ini di antaranya:

IBM S/360

Description: IBM S/360 sejarah komputer
IBM S/360 yang dirancang untuk bisnis dan teknik.

GE 600 dan GE 235 

Description: GE 235 sejarah komputer
General Electric mengeluarkan GE 600 dan GE 235.

NCR Century

Description: NCR Century sejarah komputer
National Cash Register mengeluarkan NCR seri Century.

4.    Komputer Generasi IV (sejak 1970-1980an)

Sejarah komputer genarasi keempat (1971), beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
  • Mulai dikembangkan komputer micro yang menggunakan prosesor dengan general purpose microprocessor yang dikembangkan oleh Intel (Intel 8080)
  • Mulai digunakannya LSI (Large Scale Intergartion) yang merupakan pemadatan beribu-ribu IC (Integrated Circuit) dalam sebuah chip. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration). 
  • Pada generasi ini hampir sebagian besar komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.
           





Adapun contoh komputer generasi keempat ini di antaranya:

Apple II

Description: Apple II sejarah komputer

Apple II yang dikembangkan oleh Steven Jobs dan Steve Wozniak. Gambar di atas komputer Apple II karya Steven Job dan Steve Wozniak.

IBM PC

Description: IBM PC sejarah komputer

IBM PC dengan kompatibelnya yang diproduksi massal oleh berbagai perusahaan sehingga komputer micro memasyarakat hingga saat ini. IBM PC terus berkembang mulai dari IBM PC/XT, IBM PC/AT, IBM PC/386, IBM PC/486 menggunakan microprocessor intel 8088, 80286, 80386, 80486, selanjutnya menjadi seri Intel Pentium. Yang memproduksi microprocessor selain perusahaan Intel, ada juga perusahaan AMD (Advanced Micro Devices).


5.    Komputer Generasi V (tahun 1980an-sekarang dalam tahap perkembangan)

Sejarah komputer generasi V dikembangkan sejak tahun 1985, beberapa ciri utama dari generasi ini di antaranya:
  • Di Jepang didirikan ICOT (Institute for new Computer Technology) untuk mengembangkan komputer generasi kelima, yaitu menciptakan komputer yang powerfull dan intelligent.
  • Dikembangkannya sistem komputer yang memiliki unsur artificial intelligence yang dapat mengerjakan tugas dengan karakteristik seperti manusia (intelligent, imagination, dan intuition) dengan natural language (bahasa sehari-hari).

Tokoh Perkembangan Komputer

            Dalam sejarah perkembangan komputer, deretan tokoh berikut ini adalah mereka yang berjasa dalam pengembangan tersebut. Di antaranya adalah Charles Babbage, Ada Augusta Byron, Herman Hollerith, Thomas Watson, Bob Noyse dan Gordon Moore, Steven Jobs dan Steve Wozniak, Bill Gates dan Paul Allen, Richard Stallman, Linus Torvalds. Berikut ini kita akan melihat seperti apa jasa para tokoh tersebut:

1)   Charles Babbage

Seorang penemu dan ahli matematik yang lahir di Inggris tahun 1791. Berhasil membuat model mesin yang dinamakan Difference Engine dan merancang Analytical Engine. Di kenal dengan sebuatan Bapak Komputer Modern (Father of the Modern Computer) karena dalam rancangannya Analytical Engine mempunyai lima unsur yang terdapat pada komputer modern, yaitu:
  • Alat masukan (input device).
  • Tempat penyimpanan data yang akan diproses.
  • Alat pemrosesan.
  • Unit pengontrol pengolahan
  • Alat keluaran (output device) 

2)   Ada Augusta Byron

Dikenal sebagai programmer pertama (First Computer Programmer) karena membantu mengembangkan instruksi untuk menjalankan Analytical Engine.

3)   Herman Hollerith

Tahun 1886 membuat Tabulating Machine yang digunakan untuk menghitung hasil sensus penduduk Amerika Serikat di tahun 1890 dengan cepat. Tahun 1896 mendirikan Tabulating Machine Company dan tahun 1924 melakukan merger dengan dua perusahaan lain dan membentuk International Business Machines Corporation - IBM Co.

4)   Thomas Watson

Pada tahun 1924 – 1956, memimpin International Business Machines (IBM) dan berhasil membawa IBM mendominasi pasar sebagai pemasok mesin pengolah data dan mulai menjadi pengembang komputer ternama. Sejak tahun 1981, IBM memasuki bisnis komputer mikro dengan memperkenalkan IBM PC.

5)   Bob Noyce dan Gordon Moore

Tahun 1968 mendirikan Intel dan tahun 1971 memperkenalkan microprocessor pertama (4004).

6)   Steven Jobs dan Steve Wozniak

Tahun 1976 memperkenalkan Apple I, yaitu komputer pertama dengan keyboard dan layar. Membentuk perusahaan Apple Computer Inc. dan mengembangkan Apple II. Perusahaan Apple pertama kali mengembangkan penggunaan mouse pada personal computer-nya di tahun 1983.

7)   Bill Gates dan Paul Allen

Sebagai pendiri perusahaan Microsoft. Tahun 1980 IBM memilih Microsoft untuk mengembangkan sistem operasi bagi IBM PC dan hasilnya adalah sistem operasi yang dikenal dengan nama MS-DOS. Tahun 1990 perusahaan Microsoft mendominasi pasar perangkat lunak (software) dengan semakin luasnya penggunaan sistem operasi Microsoft Windows dengan berbagai program aplikasi untuk keperluan bisnis, teknik, pendidikan, dan pribadi.

8)   Richard Stallman

Tahun 1984 mengawali proyek GNU (GNU’s Not Unix), yaitu sistem operasi mirip Unix yang bersifat free software. Tahun 1985 mendirikan lembaga Free Software Foundation yang mensponsori pengembangan free software.

9)   Linus Torvalds

Tahun 1991 mengembangkan sistem operasi Linux yang kemudian disebarluaskan secara Open Source. Sistem operasi Linux banyak diaplikasikan untuk server pada sistem jaringan.






B. Pemanfaatan Komputer di Zaman Modren
Pemanfaatan komputer di masa kini sudah benar-benar kentara dampaknya terhadap kehidupan manusia modern. Bahkan bisa dikatakan, pengaruhnya sudah menjalar di hampir semua aspek kehidupan, mulai dari anak kecil hingga orang-orang dewasa.Sebelum menjadi seperti yang bisa kita temui saat ini, pada dasarnya komputer mengalami evolusi yang amat panjang, termasuk memberikan dampak dan manfaat yang beragam pula bagi kehidupan manusia dari era yang satu ke era yang terjadi bertahun-tahun berikutnya. Berbeda dengan jaman dulu ketika manfaat komputer masih dirasakan sangat terbatas. Saat ini manfaat komputer sudah berkembang menjadi begitu luas, bahkan terus membuka peluang-peluang lain yang kian tidak terbatas.
            Secara umum, manfaat komputer di masa modern ini terbagi dalam 7 aspek. Berikut diantaranya :
1. Komputer Membantu Pekerjaan Jadi Mudah
Description: Foto-Manfaat-Komputer-Membantu-Pekerjaan-Jadi-Mudah
Manfaat komputer yang pertama adalah sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan. Konsep ini sebenarnya sudah ada sejak bertahun-tahun yang lalu, bahkan bisa dikatakan ini merupakan tujuan dasar dibuatnya sebuah komputer untuk manusia. Dengan adanya komputer, banyak pekerjaan bisa dikerjakan dengan lebih mudah, lebih praktis dan lebih menghemat waktu serta biaya. Sebagai contoh, seorang karyawan kantoran yang membuat sebuah laporan pekerjaan dengan komputer tentu lebih cepat dan praktis dibanding karyawan yang mengerjarkannya secara manual (tulis tangan). Selain itu, penggunaan komputer juga bisa menekan biaya dan menghemat waktu karena jika terjadi kesalahan dalam pengetikan maka kertas tidak perlu disobek dan mengetik ulang seperti yang biasa terjadi jika kita menggunakan mesin tik. Si karyawan hanya perlu mengedit semua kesalahan melalui komputernya, lalu jika dirasa sudah sempurna barulah ketikan tersebut dicetak dengan menggunakan printer.
            Contoh berikutnya adalah karyawan sebuah bank. Dengan menggunakan komputer, maka segala aktivitas yang melibatkan perhitungan angka dapat dilakukan lebih mudah dan lebih cepat. Coba bayangkan jika seorang karyawan bank harus menghitung sebuah transaksi besar secara manual atau hanya mengandalkan kalkulator, tentunya akan memakan waktu yang tidak sebentar dan besar kemungkinannya bisa menyebabkan kesalahan. Berbeda dengan komputer yang memiliki program-program canggih, sehingga dapat melakukan perhitungan secara cepat dan tepat. Pekerjaan yang melibatkan proses pengelolaan data juga jadi kian mudah berkat adanya komputer. Alih-alih menyimpan data dalam bentuk kertas yang ditumpuk dalam sebuah ruangan, menggunakan komputer jauh lebih praktis karena tidak memakan tempat dan proses pengelolaan baik itu pencarian maupun pengeditan data bisa dilakukan dengan mudah tanpa perlu menghabiskan banyak waktu dan tenaga.
2. Komputer Sebagai Sarana Pendidikan
Description: Foto-Manfaat-Komputer-Sebagai-Sarana-Pendidikan
Selain berfungsi sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan, manfaat komputer juga bisa dirasakan dampaknya sebagai sarana untuk belajar. Berkat adanya program-program pintar yang ditanam pada sebuah komputer, kita bisa memanfaatkannya untuk belajar mulai dari hal-hal yang bersifat umum hingga yang bersifat sangat baru sekalipun.
            Sebagai contoh, seorang remaja yang bercita-cita menjadi seorang desainer grafis handal dapat memanfaatkan komputer sebagai upaya awal dalam belajar. Ada begitu banyak program umum yang mendukung proses pembelajaran desain di dalam sebuah komputer, sebut saja salah satunya adalah Adobe Photoshop yang merupakan salah satu program terkenal buatan Adobe Systems, dimana dalam fungsinya telah banyak membantu sekaligus melahirkan banyak desainer-desainer handal.



3. Komputer Sebagai Sarana Mencari Informasi
Description: Foto-Manfaat-Komputer-Sebagai-Sarana-Mencari-Informasi
Berkat adanya internet, manfaat komputer di masa kini telah berkembang sebagai sarana untuk mencari informasi. Dengan memanfaatkan komputer, kita tidak perlu lagi repot-repot bertanya pada orang sekitar atau mencari referensi buku tentang informasi tertentu, karena hanya dengan mengandalkan komputer dan jaringan internet maka kita bisa mendapatkan apa yang ingin kita cari tahu.
            Selain menghemat waktu, proses pencarian informasi jadi kian mudah dan potensi untuk mengetahui lebih luas lagi tentang informasi tertentu juga kian terbuka luas. Beragam informasi dapat ditelusuri dalam hitungan detik, termasuk informasi-informasi yang mungkin tidak akan dapat kita temukan di dunia nyata.
4. Komputer Sebagai Alat Komunikasi
Description: Foto-Manfaat-Komputer-Sebagai-Alat-Komunikasi
Lagi-lagi dengan mengkombinasikan perangkat komputer dengan internet, maka kita bisa merasakan manfaat komputer sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pengguna komputer lainnya. Jika dulu dibutuhkan proses dan waktu yang cukup lama meski hanya sekedar ingin berkomunikasi dengan orang yang jaraknya cukup jauh dari kita, sekarang dengan menggunakan komputer maka semuanya bisa dilakukan dengan mudah bahkan hanya dalam hitungan detik saja.
            Tak peduli berapa jauh jarak antara Anda dengan orang yang ingin Anda ajak bicara berada, dengan komputer maka semuanya bisa dilakukan dengan mudah seolah jarak jauh yang menjadi pemisah telah pudar menjadi begitu terasa dekat.
5. Komputer Sebagai Alat Kontrol
Description: Foto-Manfaat-Komputer-Sebagai-Alat-Kontrol
Fungsi komputer di masa kini juga termasuk sebagai alat untuk mengontrol banyak hal. Mulai dari mengontrol transaksi bisnis sebuah perusahaan, mengontrol keuangan, hingga mengontrol alat-alat lain yang terintegrasi dengan perangkat kompter.
            Sebagai contoh, serorang pengusaha dapat mengontrol bagaimana laju perkembangan bisnisnya meski ia tengah berada di tempat yang sangat jauh dari perusahaan yang ia miliki. Contoh berikutnya juga bisa kita temui pada beberapa pabrik yang memanfaatkan komputer untuk mengontrol penggunaan alat-alat produksi yang digunakannya.
            Berkat adanya komputer, semua aktivitas dapat dikontrol dengan mudah tanpa mempedulikan waktu dan ruang. Tak perlu melibatkan banyak orang, tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu dan energi, semuanya dapat dilakukan secara praktis dan efisien hanya dengan memanfaatkan komputer.

6. Komputer Sebagai Alat Hiburan
Description: Foto-Manfaat-Komputer-Sebagai-Alat-Hiburan
            Selain berfungsi sebagai alat untuk mendukung beragam aktivitas yang serius, manfaat komputer juga bisa dirasakan sebagai alat hiburan. Contohnya saja untuk mendengarkan musik, menonton film atau video, bermain game, melakukan obrolan santai bersama teman dengan menggunakan fasilitas tertentu yang terhubung dengan internet, serta banyak lagi hal lainnya.
7. Komputer Sebagai Sarana Usaha
Description: Foto-Manfaat-Komputer-Sebagai-Sarana-Usaha
            Meskipun harus dibeli dengan uang, namun pada prakteknya komputer juga bisa menghasilkan uang untuk beberapa orang yang memanfaatkannya dengan benar. Ada banyak lahan usaha yang bisa dibuka dengan memanfaatkan komputer di jaman yang kian maju ini. Beberapa diantaranya yaitu :
  • Membuat usaha service dan install komputer
  • Membuka rental komputer
  • Membuka usaha kursus komputer
  • Membuka warnet
  • Membuka usaha programer akunting dan keuangan
  • Membuat usaha percetakan
  • Membuat usaha vidoe editing
  • Membuat usaha sablon
  • Membuka usaha desain arsitektur
  • Membuka usaha desain grafis untuk periklanan
  • Membuka usaha pembuatan atau desain website
            Poin-poin di atas hanyalah sebagian dari manfaat komputer yang begitu luas dan beragam. Selain untuk kebaikan, ada pula yang memanfaatkan komputer sebagai alat untuk berbuat kejahatan atau hal-hal tidak baik lainnya. Pada intinya, manfaat komputer bisa dirasakan oleh banyak orang. Hanya saja hal itu kembali lagi pada pengguna komputer itu sendiri, apakah menggunakan komputer untuk hal-hal yang sifatnya positif atau justru menggunakan komputer untuk hal-hal negatif.
            Tentu saja tujuan utama diciptakannya komputer bukanlah untuk tindak kejahatan atau hal-hal buruk yang bisa merugikan orang lain. Pada akhirnya kebijakan masing-masing pengguna komputer lah yang menjadi penentu apakah manfaat komputer senantiasa dapat diidentikkan dengan hal-hal positif, dalam perkembangannya terhadap kehidupan umat manusia yang terus berkembang kian maju.







BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Komputer adalah sebuah mesin elektronik yang sangat berguna pada zaman dahulu maupun sekarang. DimanaSejarah komputer dimulai lebih dari 5000 tahun yang silam di Cina, hal ini ditandai dengan adanya abacus yaitu sebuah alat sederhana untuk melakukan perhitungan. Sehingga berkembanglah komputer menjadi 5 (lima) generasi yaitu :
- Komputer Generasi Pertama (tahun 1940-1959)
            -
Komputer Generasi Dua (tahun 1959-1964)
            -
Komputer Generasi Tiga  (tahun 1964-1970)
            -
Komputer Generasi Empat (sejak 1970-1980an)
            -
Komputer Generasi Lima (tahun 1980an-sekarang dalam tahap perkembangan)
            Dari generasi pertama ke generasi selanjutnya selalu mengalami perubahan-perubahan menuju ke program komputer yang baik maupun canggih. Hanya perubahan teknologi mendatang yang mampu mengidentifikasi bagaimana komputer maupun fungsinya di masa yang akan datang. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwasanya, komputer memiliki    beberapa fase sebelum mencapai bentuk yang canggih seperti sekarang. Yang bertujuan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan pekerjaan kantor dan semacamnya dengan aplikasi dan program yang ada didalamnya.
B. Saran
Dari kesimpulan diatas bahwa komputer merupakan aset terpenting dalam memenuhi kebutuhan setiap manusia, maka sebagai mahasiswa penentu dari kemajuan atau kemerosotan bangsa, hendaknya memberikan makna, pemahaman maupun penjelasan secara rinci bagaimana perkembangan komputer dan manfaat dalam pengaksesannya.

 


 



DAFTAR PUSTAKA



 

 

 

 

 

 

 

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN SISWA

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1    LATAR BELAKANG Sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan calon guru SD atau pendidik. Guru harus mengetahui teknik memahami perkembangan murid, yaitu teknik tes dan teknik non tes. Tidak hanya itu tetapi guru juga harus mempunyai pengetahuan, kreatifitas juga wawasan yang luas untuk memahami peserta didiknya. Selain itu guru harus mengerti psikologi anak, kemampuan anak, kelemahan ataupun kelebihan anak dan keinginan anak yang mempunyai bakat tertentu. Untuk itu guru harus mengetahui tingkat kemampuan dan perkembangan peserta didik. Salah satunya dengan tes. Tes yang digunakan bisa teknik tes dan non tes sesuai dengan kemampuan dan minat peserta didik. Selain itu, tes bisa membantu guru untuk dapat mengetahui kemampuan juga kelemahan peserta didik yang menjadi masalah dalam kehidupannya.  Oleh karena itu, guru harus memahami bagaimana teknik tes dan non tes tersebut dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tekni

MAKALAH KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM MENGAJAR (MANAJEMEN KELAS)

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Perkembangan Pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami suatu peningkatan. Hal itu disebabkan karena adanya beberapa faktor-faktor penunjang misalnya kurikulum pendidikan yang ideal, sarana prasarana yang memadai di setiap sekolah dan yang terpenting ialah faktor pendidik atau kinerja guru. Pendidik merupakan seseorang yang penting dalam berlangsungnya suatu pendidikan dan kinerja guru dalam proses pembelajaran dapat juga mempengaruhi perkembangan pendidikan. Keberhasilan mengajar, selain ditentukan oleh faktor kemampuan, motivasi, dan keaktifan peserta didik dalam belajar dan kelengkapan fasilitas atau lingkungan belajar, juga akan tergantung pada kemampuan guru dalam mengembangkan berbagai keterampilan mengajar. Keterampilan dasar mengajar adalah keterampilan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru. Penguasaan terhadap keterampilan ini memungkinkan guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran secara lebih efektif

MAKALAH KURIKULUM SEKOLAH DASAR 2013

BAB I PENDAHULUAN 1.1      LATAR BELAKANG Kurikulum, bukan kata yang asing dalam dunia pendidikan. Pendidikan atau pembelajaran tidak lepas dari istilah ini, karena kurikulum adalah salah satu komponen dari pembelajaran. Dengan adanya kurikulum proses belajar dan pembelajaran akan berjalan secara terstruktur dan tersistem demi mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pengembangan kurikulum menjadi sangat penting sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan perubahan pada masyarakat. Untuk mencapai tujuan mulia dari pembelajaran tersebut, maka para pengembang kurikulum terus berbenah dan melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang diberlakukan. Sebagaimana yang akan dibahas di makalah ini, kurikulum 2013 merupakan hasil pengembangan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan( KTSP ). Kurikulum ini bertujuan tidak lain untuk lebih memperbaiki lagi kualitas pendidikan yang ada saat ini. Kurikulum 2013 ini adalah kurikulum terbaru yang implementas