Langsung ke konten utama

sistematika karya ilmiah "skripsi"




D
I
S
U
S
U
N
OLEH:
KRISTOPEL SILABAN (1605030046)

MATA KULIAH        : BAHASA INDONESIA
DOSEN                      : JANWAR F  SINURAYA S. Pd, M. Pd



UNIVERSITAS QUALITY
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
MEDAN 2016/2017








KATA PENGANTAR


1.      Dosen pengampu mata kuliah Bahasa Indonesia yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada kami sehingga saya termotivasi dan menyelesaikan tugas ini.
2.      Secara khusus penulis menyampaikan terima kasih kepada keluarga tercinta yang telah memberikan dorongan dan bantuan serta pengertian yang besar kepada penulis, baik selama mengikuti perkuliahan maupun dalam menyelesaikan makalah ini.
            Menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu  kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir
                           












                                                                                   
                                                                        Medan,     OKTOBER 2016



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR........................................................................................ i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN.......................................................................................1
1.1  Latar Belakang..............................................................................................1
1.2  Rumusan Masalah.........................................................................................1
1.3  Tujuan Penulisan...........................................................................................1
BAB II PEMBAHASAN....................................................................................... 3
2.1 Pengertian Sistem, Sitematika, dam Karya Ilmiah........................................2
2.2.1 sistematika penulisan skripsi / tugas akhir.................................................2
2.3 Contoh Standart Teknik Penulisan................................................................6

BAB III PENUTUP............................................................................................. 10
3.1 Kesimpulan..................................................................................................10
3.2 Saran........................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................11







BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang Masalah        
Sistematika karya ilmiah: skripsi adalah cara penyusunan dan penulisan suatu karya ilmiah dengan baik dan benar atau bisa disebut juga dengan penulisan dan penyusunan yang sesuai dengan aturan.
Pengertian karya ilmiah adalah sebuah karya tulis yang mana didalam isinya mengungkapkan suatu pembahasan yang lengkap dan secara ilmiah yang dituliskan oleh seorang penulis.Untuk memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca. Karya ilmiah juga biasanya ditulis untuk mencari sebuah jawaban mengenai sesuatu yang di teliti dan untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu yang terdapat dalam objek tulisan tersebut. Biasanya tulisan ilmiah sering mengangkat tema seputar hal-hal yang baru (aktual) dan belum pernah ditulis oleh orang lain agar terlihat beda dan terkesan baik.Istilah karya ilmiah adalah mengacu kepada sebuah karya tulis yang menyusun dan menyajikan berdasarkan pada suatu kajian ilmiah dan cara kerja ilmiah.
Sementara itu skripsi ialah tulisan ilmiah atau karangan ilmiah  bberdasarkan penelitian dan atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing. Skripsi  dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu dengan cara  langsung observasi, atau dengan cara tidak langsung yakni dengan studi kepustakaan. Selain itu tujuan dari skripsi yakni sebagai salag satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar  sarjana (S1)


1.2  Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
a.      Apa pengertian sistem, sistematika dan karya ilmiah ?
b.       Bagaimana cara penulisan sistematika karya ilmiah: skripsi yang baik ?
c.       Bagaimana teknik standart penulisan karya ilmiah ?

1.3  Tujuan Penulisan
Makalah ini dimaksudkan untuk membahas :
a.      Pengertian sistem, sistematika dan karya ilmiah.
b.       Cara penulisan sistemtika karya ilmiah: skripsi yang baik.
c.        Teknik standart penulisan karya ilmiah.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Sistem, Sistematika dan Karya Ilmiah
            Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani(sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasimateri atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat.
Sistematika Merupakan suatu penjabaran secara deskriptif tentang hal-hal yang akan ditulis, yang secara garis besar terdiri dari bagian awal, bagian isi dan bagian akhir.  Dalam prosedur format penulisan pembuatan makalah ini terdapat 3 hal utama yang menjadi unsur pembuatan karya tulis ini, yaitu bagian awal, bagian isi dan bagian akhir.
Karya ilmiah (bahasa Inggrisscientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Sistematika karya ilmiah adalah cara penyusunan dan penulisan suatu karya ilmiah dengan baik dan benar atau bisa disebut juga dengan penulisan dan penyusunan yang sesuai dengan aturan.

2.2 Sistematika Penulisan Karya Ilmiah: SKRIPSI Yang Baik
          Skripsi ialah tulisan ilmiah atau karangan ilmiah  berdasarkan penelitian dan atau percobaan yang disusun oleh mahasiswa dibawah bimbingan dosen pembimbing. Skripsi  dapat dibagi menjadi 2 jenis yaitu dengan cara  langsung observasi, atau dengan cara tidak langsung yakni dengan studi kepustakaan. Selain itu tujuan dari skripsi yakni sebagai salag satu syarat yang harus dipenuhi sebagai bagian untuk mendapatkan gelar  sarjana (S1).
            Adapun sistematika penulisan skripsi sebagai berikut:
            Pada bagian ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan penulisan karya tulis ilmiah yakni sebagai berikut :
1)      Halaman Judul
Ditulis sesuai dengan cover depan sesuai aturan yang ada.
2)     Lembar Pernyataan
            Yakni merupakan halaman yang berisi pernyataan bahwa penulisan   karya tulis ini merupakan hasil karya sendiri bukan hasil plagiat atau penjiplakan terhadap hasil karya orang lain.

3)     Lembar Pengesahan
         Pada Lembar Pengesahan ini berisi Daftar Komisi Pembimbing atau guru pembina, Pada Bagian bawah sendiri juga disertai tanda tangan Pembimbing.
4)     Abstraksi
         Yakni berisi ringkasan tentang hasil dan pembahasan secara garis besar dari Penulisan karya tulis dengan maksimal 1 halaman.


5)     Kata Pengantar
         Berisi ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan serta dalam pelaksanaan penelitian dan penulisan karya tulis (a.l. Kepala Sekolah, Guru, rekan dll).
6)     Halaman Daftar Isi
         Berisi semua informasi secara garis besar dan disusun berdasarkan   urutan nomor halaman
7)      Halaman Daftar Tabel
8)      Halaman Daftar Gambar, Daftar Grafik, Daftar Diagram

B. Bagian tengah
            Pada bagian inti atau isi ini terdiri dari beberapa sub pokok bab yang meliputi antara lain:
1.    Bab I Pendahuluan
Bab ini berfungsi untuk menjawab pertanyaan apa yang diteliti, untuk apa dan nengapa penilitian itu dilakukan yang di dalamnya mencakup hal-hal berikut,
a)      Latar Belakang Masalah
Dalam bagian ini diuraikan secara ringkas tentang teori, hasil-hasil penelitian, kesimpulan seminar ataupun diskusi ilmiah, pengalaman ataupun pengamatan pribadi yang berkaitan erat dengan masalah yangf diteliti sehingga masalah yang diteliti memiliki landasan perpijak yang kokoh.
b)      Rumusan Masalah
Rumusan masalah berfungsi menyatakan secara tersurat pertanyaan-pertanyaan yang ingin dicarikan dalam jawabannya dan hendaknya disusun secara singkat, padat, jelas, dan dituangkan bentuk kalimat tanya.
c)      Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai dalam penelitian.
d)     Hipotesis Penelitian
Hipotesis mengungkapkan jawaban sementara terhadap maswalah penelitian.
e)      Asumsi Penelitian
Asumsi penelitian adalah anggapan dasar tentang suatu hal yang dijadikan pijakan beroikir dan bertindak dalam melakukan penelitian.
f)       Kegunaan Penelitian
Kegunaan penelitian berisi alasan kelayakan atas masalah yang diteliti.

g)      Penegasan Istilah
Penegasan istilah diperlukan jika diperkirakan akan timbul perbedaan pengartian atau kekurang jelasan makna jika penegasan istilah tidak diberikan.

2.    Bab II Kajian Pustaka
            Kajian pustaka memuat dua hal yaitu deskripsi teoritis tentang variabel atau objek yang diteliti dan kesimpulantentang kajian yang antara lain berupa argumentasi atas hipotesis yang diajukan dalam bab yang mendahuluinya.pemilihan bahan pustaka yang akan dikaji berdasarkan dua kriteria yaitu: 1) prinsip kemutakhiran (kecuali untuk penelitian historis). 2) prinsip relevansi, atau dengan kata singkat menguraikan teori-teori yang menunjang penulisan / penelitian, yang bisa diperkuat dengan menunjukkan hasil penelitian sebelumnya

3.    Bab III Metode Penelitian
Dalam bab ini berisi rancangan penelitian, populasi dan sampel, instrumen penelitian, pengumpulan data, dan analisis data.
a)      Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian didefinisikan sebagai strategi mmengatur latar penelitian agar peneliti memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik variabel dan tujuan penelitian.
b)    Populasi dan Sampel
Istilah populasi dan sampel dipakai jika penelitian yang dilakukan memakai sampel sebagai subjek penelitian. Hal-hal yang dibahas dalam populasi dan sampel: 1) identifikasi dan batasan-batasan tentang populasi, 2) prosedur atau teknik pengambilan sampel, dan 3) besarnya sampel.
c)    Instrumen Penelitian
Dalam bagian ini dipaparkan tentang imstrumen yang digunakan untuk mengukur variabel, prosedur pengembangan instrumen pengumpul data atau pemilihan alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian, juga cara pemberian skor atau kode terhadap masing-masing butir pertanyaan/pernyataan.
d)    Pengumpulan Data
Bagian ini memaparkan 1) langkah yang ditempuh dan teknik yang dipakai untuk mengumpulkan data, 2) kualifikasi dan jumlah petugas yang terlibat dalam proses pengumpulan data, dan 3) jadwal waktu pelaksanaan pengumpulan data.
e)      Analisis Data
Pemilihan jenis analisis data sangat ditentukan oleh jenis data yang dikumpulkan dan tetap berorientasi pada tujuan yang hendak dicapai atau hipotesis yabg hendak diuji.

4.    Bab IV Analisis data dan Pembahasan
            Laporan tentang hasil-hasil yang diperoleh dalam penelitian yang menguji hipotesis hendaknya dibagi menjadi dua bagian, yaitu: 1) uraian tentang karakteristik masing-masing variabel, dan 2) uraian tentang hasil pengujian hipotesis.
a)     Deskripsi Data
Dalam deskripsi data untuk masing-masing variabel dilaporkan hasil penelitaian yang telah diolah dengan teknik statistik deskriptif, seperti distribusi frekuensi yang disertai dengan grafik yang berupa histogram, nilai rerata, simpangan baku, atau yang lainnya.
b)     Pengujian Hipotesis
Penjelasan terhadap hasil pengujian jipotesis ini terbatas pada interpretasi atas angka statistik yang diperoleh dari perhitungan statistik.
c)         Pembahasan
Tujuan pembahasan adalah 1)menjawab masalah penelitian, 2) menafsirkan temuan-temuan penelitian, 3)mengintegrasikan temuan penelitian ke dalam kumpulan pengetahuan yang telah mapan, 4) memodifikasi teori yang ada, dan 5) menjelaskan implikasi lain dari hasil penelitian.

5.    Bab VI Penutup
Bab ini bisa terdiri dari Kesimpulan saja atau ditambahkan Saran.
a)        Kesimpulan
Berisi jawaban dari masalah yang diajukan penulis, yang diperoleh dari penelitian.
b)        Saran
Ditujukan kepada pihak-pihak terkait, sehubungan dengan hasil penelitian.


            Sedangkan bagian ahir akan membahas da hal yaitu:
1.       DaftarPustaka
Berisi daftar referensi (buku, jurnal, majalah, dll), yang digunakan dalam penulisan.

2.      Lampiran
Penjelasan tambahan, dapat berupa uraian, gambar, perhitungan-perhitungan, grafik atau tabel, yang merupakan penjelasan rinci dari apa yang disajikan di bagian-bagian terkait sebelumnya.

1)     Penomoran Bab serta subbab
Ø      Bab dinomori dengan menggunakan angka romawi.
Ø      Subbab dinomori dengan menggunakan angka latin dengan mengacu pada nomor  bab/subbab dimana bagian ini terdapat.
Contoh :
II ………. (Judul Bab)
2.1 ………………..(Judul Subbab)
2.2 ………………..(Judul Subbab)
2.2.1 ………………(Judul Sub-Subbab)
Ø     Penulisan nomor dan judul bab di tengah dengan huruf besar, ukuran font 14, tebal.
Ø     Penulisan nomor dan judul subbab dimulai dari kiri, dimulai dengan huruf besar, ukuran font 12, tebal.

2)      Penomoran Halaman
Ø Bagian Awal, nomor halaman ditulis dengan angka romawi huruf kecil (i,ii,iii,iv,…).Posisi di tengah bawah (2 cm dari bawah). Khusus untuk lembar judul dan lembar pengesahan, nomor halaman tidak perlu diketik, tapi tetap dihitung.
Ø  Bagian Pokok, nomor halaman ditulis dengan angka latin. Halaman pertama dari bab pertama adalah halaman nomor satu. Peletakan nomor halaman untuk setiap awal bab di bagian bawah tengah, sedangkan halaman lainnya di pojok kanan atas.
Ø Bagian akhir, nomor halaman ditulis di bagian bawah tengah dengan angka latin dan merupakan kelanjutan dari penomoran pada bagian pokok.




3)    Judul dan Nomor Gambar / Grafik / Tabel
Ø Judul gambar / grafik diketik di bagian bawah tengah dari gambar. Judul tabel diketik di sebelah atas tengah dari tabel.
Ø Penomoran tergantung pada bab yang bersangkutan, contoh : gambar 3.1 berarti gambar pertama yang ada di bab III.

4)    Penulisan Daftar Pustaka
Ø Ditulis berdasarkan urutan penunjukan referensi pada bagian pokok tulisan ilmiah.
Ø Ditulis menurut kutipan-kutipan.
Ø Menggunakan nomor urut, jika tidak dituliskan secara alfabetik.
Ø Nama pengarang asing ditulis dengan format : nama keluarga, nama depan.
Ø Gelar tidak perlu disebutkan.
Ø Setiap pustaka diketik dengan jarak satu spasi (rata kiri), tapi antara satu
      pustaka dengan pustaka lainnya diberi jarak dua spasi.
Ø Bila terdapat lebih dari tiga pengarang, cukup ditulis pengarang pertama saja dengan tambahan ‘et al’.
Ø Penulisan daftar pustaka tergantung jenis informasinya yang secara umum
      memiliki urutan sebagai berikut :
Nama Pengarang, Judul karangan (digarisbawah / tebal / miring), Edisi, Nama
Penerbit, Kota Penerbit, Tahun Penerbitan.
Ø Tahun terbit disarankan minimal tahun 2000.

        Contoh penulisan daftar pustaka :
Satu Pengarang
ü  Budiono. 1982. Teori Pertumbuhan Ekonomi. Yogyakarta : Bagian Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada.
ü  Friedman. 1990. M. Capitalism and Freedom. Chicago : University of    Chicago Press.


Dua Pengarang
ü  Cohen, Moris R., and Ernest Nagel. 1939. An Introduction to Logic and Scientific Method. New york: Harcourt
ü  Nasoetion, A. H., dan Barizi. 1990. Metode Statistika. Jakarta: PT.   Gramedia


Tiga Pengarang
ü  Heidjrahman R., Sukanto R., dan Irawan. 1980. Pengantar Ekonomi Perusahaan. Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.
ü  Nelson, R.., P. Schultz, and R. Slighton. 1971. Structural change in a Developing Economy. Princeton: Princeton University Press.


Lebih dari Tiga Pengarang
ü  Barlow, R. et al. 1966. Economics Behavior of the Affluent. Washington D.C.: The Brooking Institution.
ü  Sukanto R. et al. 1982. Business Frocasting. Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.
Pengarang Sama
ü  Djarwanto Ps. 1982. Statistik Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.
ü  ____________. 1982. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Bagian penerbitan Fakultas Ekonomi UGM.
Tanpa Pengarang
ü  Author’s Guide. 1975. Englewood Cliffs, N.J. : Prentice Hall.
ü   Interview Manual. 1969. Ann Arbor, MI: Institute for Social Research, Universiy of Michigan.
Buku Terjemahan, Saduran atau Suntingan.
ü  Herman Wibowo (Penterjemah). 1993. Analisa Laporan Keuangan. Jakarta:   PT. Erlangga.
ü  Karyadi dan Sri Suwarni (Penyadur). 1978. Marketing Management. Surakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret.
Buku Jurnal atau Buletin
ü  Insukindro dan Aliman, 1999. “Pemilihan dan Bentuk Fungsi Empirik : Studi Kasus Permintaan Uang Kartal Riil di Indonesia”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Vol. 14, No. 4:49-61.
ü  Granger, C.W.J., 1986. “Developments in the Study of Co-integrated Economic Variables”, Oxford Bulletin of Economics and Statistics, Vol.48 : 215-226.

5)    Format Pengetikan
v   Menggunakan kertas ukuran A4.-        Margin Atas : 3 cm Bawah : 3 cm Kiri : 4  cm Kanan : 3 cm
v   Jarak spasi : 1,5 (khusus ABSTRAKSI hanya 1 spasi)
v   Jenis huruf (Font) : Times New Roman.
v   Ukuran / variasi huruf : Judul Bab 14 / Tebal + Huruf Besar Isi 12 / Normal
6)    Hasil Penulisan Karya tulis ilmiah
Ø  Dijilid berbentuk buku. Halaman tidak termasuk cover, halaman judul, daftar isi, kata pengantar dan daftar pustaka.
Ø   Dipresentasikan di hadapan para penguji, usahakan menggunakan Power Point. Usahakan diketik dengan menggunakan Program Software Pengolah Kata, misal : Ms Word dan dicetak dengan printer.
7)    Lampiran
Lampiran ini berisi data, gambar, tabel atau analisis dan lain-lain yang karena terlalu banyak, sehingga tidak mungkin untuk dimasukkan kedalam bab-bab sebelumnya.

8)   Daftar Pustaka
contoh:
Ø  Panduan Penulisan Ilmiah, 2007, Jurusan Sistem Informasi, STMIK-Mikroskil.
Ø  Notohadiprawiro, T., 2006, Metode Penelitian dan Penulisan Ilmiah, Latihan Dasar Pemeriksa Karantina Ikan. Badan Pendidikan dan Latihan Pertanian, Departemen Pertanian Yogyakarta. 2 Nopember – 15 Desember 1992.




BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Penulisan karya Tulis Ilmiah: skripsi adalah memberikan pemahaman terhadap siswa atapun mahasiswa agar dapat berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan membahas suatu permasalahan serta dapat menuangkannya secara sistematis dan terstruktur.

3.2 Saran
            Sistematika penulisan karya ilmiah sangat baik untuk petunjuk dalam menyusun sebuah karya ilmiah seperti skripsi atau makalah, untuk itu sebaiknya membahasnya secara detail.


DAFTAR PUSTAKA

http://azzamkasep.blogspot.com/2013/01/sistematika-pembuatan-karya-ilmiah.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK MEMAHAMI PERKEMBANGAN SISWA

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1    LATAR BELAKANG Sebagai mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan calon guru SD atau pendidik. Guru harus mengetahui teknik memahami perkembangan murid, yaitu teknik tes dan teknik non tes. Tidak hanya itu tetapi guru juga harus mempunyai pengetahuan, kreatifitas juga wawasan yang luas untuk memahami peserta didiknya. Selain itu guru harus mengerti psikologi anak, kemampuan anak, kelemahan ataupun kelebihan anak dan keinginan anak yang mempunyai bakat tertentu. Untuk itu guru harus mengetahui tingkat kemampuan dan perkembangan peserta didik. Salah satunya dengan tes. Tes yang digunakan bisa teknik tes dan non tes sesuai dengan kemampuan dan minat peserta didik. Selain itu, tes bisa membantu guru untuk dapat mengetahui kemampuan juga kelemahan peserta didik yang menjadi masalah dalam kehidupannya.  Oleh karena itu, guru harus memahami bagaimana teknik tes dan non tes tersebut dan apa saja kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tekni

MAKALAH KETERAMPILAN DASAR GURU DALAM MENGAJAR (MANAJEMEN KELAS)

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Perkembangan Pendidikan di Indonesia dari tahun ke tahun terus mengalami suatu peningkatan. Hal itu disebabkan karena adanya beberapa faktor-faktor penunjang misalnya kurikulum pendidikan yang ideal, sarana prasarana yang memadai di setiap sekolah dan yang terpenting ialah faktor pendidik atau kinerja guru. Pendidik merupakan seseorang yang penting dalam berlangsungnya suatu pendidikan dan kinerja guru dalam proses pembelajaran dapat juga mempengaruhi perkembangan pendidikan. Keberhasilan mengajar, selain ditentukan oleh faktor kemampuan, motivasi, dan keaktifan peserta didik dalam belajar dan kelengkapan fasilitas atau lingkungan belajar, juga akan tergantung pada kemampuan guru dalam mengembangkan berbagai keterampilan mengajar. Keterampilan dasar mengajar adalah keterampilan yang mutlak harus dimiliki oleh seorang guru. Penguasaan terhadap keterampilan ini memungkinkan guru mampu mengelola kegiatan pembelajaran secara lebih efektif

MAKALAH KURIKULUM SEKOLAH DASAR 2013

BAB I PENDAHULUAN 1.1      LATAR BELAKANG Kurikulum, bukan kata yang asing dalam dunia pendidikan. Pendidikan atau pembelajaran tidak lepas dari istilah ini, karena kurikulum adalah salah satu komponen dari pembelajaran. Dengan adanya kurikulum proses belajar dan pembelajaran akan berjalan secara terstruktur dan tersistem demi mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Pengembangan kurikulum menjadi sangat penting sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan perubahan pada masyarakat. Untuk mencapai tujuan mulia dari pembelajaran tersebut, maka para pengembang kurikulum terus berbenah dan melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang diberlakukan. Sebagaimana yang akan dibahas di makalah ini, kurikulum 2013 merupakan hasil pengembangan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan( KTSP ). Kurikulum ini bertujuan tidak lain untuk lebih memperbaiki lagi kualitas pendidikan yang ada saat ini. Kurikulum 2013 ini adalah kurikulum terbaru yang implementas