Biodata Buku
Judul buku : Pelajaran Matematika Penekanan Pada
Berhitung Kelas 3 SD
Jumlah halaman : 277 Lembar
Ukuran buku : 30 x 20
Cm
Bulan dan Tahun terbit : September 2004
Cetakan ke : 3
Pengarang : M. Khafid kasri dan suyati
Kota terbit : Jakarta
Penerbit :
Erlangga
Cover/Sampul Buku
·
Kritik:
Menurut
saya cover atau sampul buku ini warna dan gambar kurang menarik untuk anak
kelas 3 SD karna apabila sampulnya menarik bagi anak-anak pasti mereka lebih
senang dan sering membacanya.
·
Saran:
Lebih
baik warna sampulnya dibuat warna-warna yang cerah karna anak-anak lebih suka
dengan warna yang cerah dan gambar sampulnya dibuat gambar-gambar yang menarik
tetapi tetap mengarah ke matematika.
Halaman
5 latihan 4
·
Kritik:
Menurut
saya pada soal nomar 1 kata kuitansi itu sulit dipahami anak didik kelas 3 SD,
karna mereka belum pernah melihat dan paham apa itu akuitansi sehingga mereka
untuk mengerjakan soalpun akan agak ragu.
·
Saran:
Lebih
baik kata kuitansi di ganti dengan harga harga, dsb.
·
Kritik:
Begitu
juga di dalam soal no 2 jumlah uang yang hendak ditabung dibank
jumlahnya
tidak masuk akal atau jumlahnya tidak memenuhi jumlah minimum untuk menabung di
bank dan siswa kelas 3 SD belum tahu
pasti apa itu bank.
·
Saran;
Lebih
baik kata bank disoal no 2 diganti dengan kata tabungan kelas atau celengan,
dsb.
Halaman 21 Latihan
Pengayaan
·
Kritik:
Menurut
saya pada soal nomar 6-8 kalimat “ dua bilangan sebelum dan yang sesudahku selalu
mendampingi. Bilangan berapakah yang selalu mendampingiku?” kalimat ini susah
dipahami karna penalaran siswa kelas 3 SD
itu belum tinggi.
·
Saran:
Lebih
baik kalimat itu diganti dengan kalimat “bilangan sebelum dan sesudah aku”.
Halaman 52 Contoh
·
Kritik:
Pada
contoh terdapat gambar susunan kubus-kubus kecil yang menunjukkan bentuk nyata nilai dari sebuah bilangan, menurut saya gambar itu
lebih baik tidak usah dibuat karna jumlahnya yang terlalu banyak sehingga siswa
susah memahami tujuan gambar tersebut.
·
Saran:
Lebih
baik nilai bilangannya dikecilkan lagi sehingga gambarnya lebih simpel dan
mudah dipahami siswa.
Halaman 83 Petunjuk
·
Kritik:
Pada
bagian petunjuk terdapat kalimat yang susah dipahami yaitu “ hafalkanlah
perkalian dua bilangan satu angka”
kalimat ini susah dipahami untuk anak kelas 3 SD dan kalimat ini juga
bisa menimbulkan banyak arti sehingga saya anggap kalimat ini menjebak bagi
anak kelas 3 SD.
·
Saran:
Lebih
baik kalimat itu diganti dengan “ menghafal perkalian sangatlah penting” karna
kalimat ini nyambung dengan kalimat selanjutnya.
Halaman 116 Latihan 30
No 5
·
Kritik:
Pada
soal no 5 tedapat kalimat yang susah dipahami dan memiliki makna lebih dari
satu yaitu “ayah mempunyai 27 lembar uang kertas ratusan”, pada kalimat
tersebut nilai uang tidak pasti karna uang kertas ratusan bukan cuma satu jenis
dan nilainya berbeda.
·
Saran:
Lebih
baik kalimat tersebut diganti dengan “
ayah mempunyai 27 lembar uang kertas seratus rupiah” sehingga keterangan uang
apa dan berapa nilai uang yang dimiliki ayah dapat diketahui dan dipahami siswa
kelas 3 SD.
Halaman 126-130
·
Kritik:
Menurut
saya mulai dari halaman 126-130 di contoh dan latihannya penulisan satuan atau
nilai uang itu banyak kesalahan seperti “lima ratusan” padahal menurut
gambarnya itu menunjukkan lima ratus rupiah, sehingga penulisan satuan atau
nilai uang ini akan sangat membuat siswa bingung karna berbeda dengan yang di
ucapkan sehari-hari.
·
Saran:
Lebih
baik penulisan satuan atau nilai uang ini langsung sesuai nilai uangnya contoh
seribu rupiah atau dalam bentuk sederhananya Rp.1.000 (seribu rupiah)
Halaman 134-135 Latihan 7 dan Latihan Pengayaan
Halaman 134-135 Latihan 7 dan Latihan Pengayaan
·
Kritik:
Pada
halaman 134-135 banyak pertanyaan yang arah pertanyaanya tidak jelas atau
ranjau, contoh latihan 7 soal no 20. 4.400 rupiah =........... lembar ribuan dan
....keping ratusan, disoal tersebut siswa disuruh mencari nilai yang setara
dengan yang diperintahkan tetapi mau diubah ke kesatuan dan nilai uang yang
mana tidak jelas, karna uang ribuan itu banyak jenis dan nilainyapun
berbeda-beda begitu juga keping ratusan jenis dan nilainya bukan cuma satu.
·
Saran:
Lebih
baik jelaskan langsung ke kesatuan dan nilai berapa dia di ubah sehingga siswa
kelas 3 SD akan lebih mudah memahaminya, contoh 4.400=......lembar seribu
rupiah dan .......keping seratus rupiah.
Daftar
Pustaka
Suyati, Khafid.M. 2004.
Pelajaran Matematika Penekanan Pada Berhitung kelas 3 SD. Jakarta: Erlangga
Komentar